Bukit Kingkong Spot Sunrise Terbaik Gunung Bromo

Bukit Kingkong Spot Sunrise Terbaik Gunung Bromo

bukit Kingkong Bromo

Dinamakan Bukit Kingkong karena diambil dari salah satu sisi tebing di sekitaran area bukit yang menonjol dan menyerupai kepala Kingkong, masyarakat Tengger menyebut bukit Kedaluh karena berasal dari bahasa sangsekerta yang berarti penghargaan akan kesuburan tanah wilayah Tengger.

Gunung Bromo di Jawa Timur terkenal dengan keindahan sunrise dan sensasi berpetualang di lautan pasir serta mendaki ratusan anak tangga menuju Kawah Bromo. Terdapat beberapa sunrise spot di sekitar kawasan Bromo.

Mayoritas pengunjung biasanya menikmati saat-saat jelang matahari terbit dari Pananjakan. Namun sunrise di Bromo tak hanya bisa dinikmati dari Penanjakan saja, masih ada beberapa tempat alternatif bahkan dengan view dan lokasi yang lebih nyaman dan indah, salah satunya adalah Bukit Kingkong.

Bukit Kedaluh atau Bukit Kingkong merupakan salah satu spot melihat sunrise terbaik di kawasan Gunung Bromo, bukit Kedaluh memiliki nama lain yang lebih terkenal yaitu Bukit Kingkong.

open trip sunrise bromo dari surabaya dengan damri

Di Bukit Kingkong, Parkir Kendaraan Mudah

Mengenai fasilitas wisata di Bukit Kingkong Bromo, tentu lebih lengkap di penanjakan 1, jadi untuk fasilitas wisata di Bukit Kingkong lumayan memadai , untuk warung kopi dan penyewan jaket dan selimut tebal terletak di kiri kanan jalur teackingserta toilet dan musola juga terdapat di titik tertentu.

Apakah ke Bukit Kingkong Bromo Harus Naik Jeep?

Tentu tidak wajib naik jeep atau menggunakan jasa Sewa Jeep Bromo, bahkan tidak ada larangan kita naik Motor atau kendaran pribadi, akan tapi demi keamanan dan suksesnya tour Bromo Anda, sebaiknya mengunakan jasa Mobil Jeep saja, karena jalur menuju Bukit Kingkong ini tidaklah beda ketika kita menuju ke puncak penanjakan 1, yaitu penuh tikungan tajam dan ektrim.

Bukit Kingkong di Bromo merupakan tempat terbaik untuk melihat wisata Bromo Sunset dan juga tempat alternatif untuk melihat Bromo Sunrise Tour, ketika musim liburan tiba, namun saat ini tidak jarang juga pengunjung yang sengaja melihat “sunrise” dari Bukit Kingkong ini, karena Jalur bukit kingkong Bromo ini berada di jalur menuju puncak penanjakan 1 Bromo.

Sewa Jeep Wisata Gunung Bromo Dari Malang,Tumpang, Batu, Pasuruan dan Probolinggo

Bukit Kingkong semakin di kenal wisatawan

Pada awalnya, ketika mulai merambah ke musim liburan, weekend, kasada, tahun baru, natal, imlek maupun hari besar lainnya, puncak penanjakan 1 dipastikan penuh dengan pengunjung dan juga minimnya sarana parkir di atas gunung penanjakan 1.

Ketika itu juga kita cari solusi terbaik atau tempat alternatif untuk melihat sunrise, maka tempat lain yang dapat Anda kunjungi adalah Bukit Kingkong Gunung Bromo yang juga populer dengan sebutan Bukit Gorila Bromo.

Pemandangan dari puncak Bukit Kingkong lebih memuaskan di bandingkan dengan Penanjakan 1. Karena lanskap panorama yang di dapatkan dapat lebih luas dan menakjubkan. Wisatawan yang menyaksikan pemandangan Sunrise dari atas puncak Kingkong ini juga dapat melihat terbentangnya samudera pasir atau kaldera Bromo, Gunung semeru serta pemandangan kota Probolinggo dan Pasuruan.

Bukit Kingkong, Spot Sunrise Alternatif Gunung Bromo

Bukit Kingkong Bromo ini terletak di kawasan gunung penanjakan yakni sekitar kurang lebih 2,5 kilometer dari Puncak Penanjakan 1 Bromo. Lokasi bukit ini berada lebih rendah dari penanjakan 1 yakni dengan ketinggian kurang lebih sekitar 2.600 mdpl.

Rute perjalanan darat dengan Jeep Wisata Gunung Bromo dari kota Malang atau Tumpang

Meskipun belum populer seperti penanjakan 1 dan juga penanjakan 2, namun bukit ini layak anda jadikan sebagai tempat alternatif melihat matahari terbit yang indah. Jika puncak penanjakan 1 telah penuh sesak dengan pengunjung, anda bisa menuju Bukit Kingkong ini untuk melihat sunrise secara langsung.

BACA JUGA: Paket Wisata Private Golden Sunrise Bromo Start Batu, Malang dan Surabaya

Asal Usul Nama Bukit Kingkong

Nama Bukit Kingkong diambil dari salah satu sisi tebing di area ini yang menonjol dan menyerupai kepala Kingkong. Tebing yang merupakan pahatan alami tersebut terletak tepat di belakang pagar pembatas wisatawan berdiri. Batuan dan ceruknya yang terbentuk secara alami juga menyerupai mata dan hidung Kingkong.

Di atas bukit, terdapat tanah lapang dan sebuah Padmasari sari atau pura kecil untuk tempat sesaji. Anda bisa melihat Gunung Arjuna dan Kota Malang di bawahnya, di sisi lain, matahari terbit di sebelah Gunung Bromo menjadi daya tarik tersendiri.

Selain dari view point yang telah disediakan, anda juga bisa menelusuri jalur tracking sejauh kurang lebih 50 meter untuk mendapatkan angle matahari terbit yang berbeda. Salah satu sisi puncak bukit langsung menghadap ke Gunung Batok, Kawah Bromo, dan Lautan Pasir, menambah cantiknya pemandangan pagi di Gunung Bromo. Satu hal yang perlu disiapkan jika ingin mendaki bukit ini, jaket tebal dan penutup hidung. Karena angin yang berhembus di atas Bukit Kingkong jauh lebih kencang dibandingkan di bawah.

Komentar

logo jawara wisata indonesia

Jawara Wisata Pangandaran. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam di Pangandaran dan sekitarnya.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  082 272 300 500
  https://www.jawarawisata.com

Bromo Panorama

Jelajah Jawara

Jawara Wisata Pangandaran