Sejarah Wisata Batu Lumpang

Sejarah Wisata Batu Lumpang

wisata budaya dan religi batu lumpang desa parakanmanggu parigi pangandran

Batu Lumpang Merupakan Tempat atau Taman Batuan Purba yang menakjubkan dan banyak memiliki goa dan tebing perbukitan yang sangat luas Yang terletak di wilayah pedesaan di Desa Parakanmanggu,Parigi,Pangandaran.

Wilayahnya Parakanmanggu yang tak jauh dari pusat pemerintahan yang termasuk kedalam kawasan batuan kars membuat wilayah ini layak di kunjungi wisatawan,warga yang ramah dan alam yang sejuk seta hasil bumi yang melimpah wilayah Desa Parakanmanggu merupakan hasil Penghasil buah-buahan terutama buah manggis dan kelapa.Serta untuk letak pertanian dari mulai sawah,palawija dan termasuk huma masih sangat gampang untuk di jumpai.

Sekilas Sejarah Batu Lumpang Pangandaran

sejarah batu lumpang dan batuan kars serta taman batu purba
demang jaya yuda batu lumpang

Batu Lumpang merupakan tempat bersejarah di masa penyebaran agama islam di masa kerajaan demak,menurut cerita turun temurun lokasi Batu Lumpang merupakan tempat singgah dan menyebarkan agama islam dari keturunan kerajaan Demak.Yang bernama Demang Jaya Yudha.Hingga pada masa penyebaran Sampai tempat Tilem (menghilang) dan ia memberikan tanda atau ciri Tilem tersebut di lokasi Batu yang berbentuk Seperti lumpang,hinga masyarakat menyebut lokasi wilayah tersebut di sebut Batu Lumpang.

Hingga batu tersebut menjadi sebuah benda yang di sakralkan dan menjadi sebuah kepercayaan,seperti ingin usaha berdagang ataupun sekalipun memastikan jodoh,ketika bertekad di hadapan batu yang berbentuk lumpang tersebut bias di angkat,maka yang menjadi niatnya itu cocok atau jodoh,tetapi kalau sebaliknya maka tidak berjodoh.Dan cerita itu sangat popular di masa itu.

Namun Pada masa waktu pemberontakan Darul islam batu tersebut di anggap sebuah hal yang musrik sehingga bias menyesatkan,di buanglah batu berbentuk seperti lumpang tersebut yang katanya batu tersebut di buang sampai tujuh kali,dan menghilanglahnya batu tersebut sampai sekarang.Tetapi masyarakat sangat kental dengan daerah tersebut hingga sampai sekarang menyebut wilayah tersebut sebaigai Batu Lumpang.

goa landak di batulumpang

BACA JUGA: Harga detail Batulumpang Body rafting Pangandaran

Sekarang cerita Batu Lumpang tersebut tinggal menjadi sejarah dan menjadi sebuah Destinasi wisata yang menakjubkan,dengan hamparan batuan purba dan sungai purba serta goa kars yang indah,kini lokasi tersebut menjadi daya tarik baru di wisata Pangandaran.

Komentar

logo jawara wisata indonesia

Jawara Wisata Pangandaran. Layanan informasi dan reservasi untuk destinasi alam di Pangandaran dan sekitarnya.

Keberagaman destinasi, hayati, budaya dan aktivitas menjadi daya tarik wisata di Indonesia, persiapkan diri untuk menyambut panggilan alam Nusantara .

  082 272 300 500
  https://www.jawarawisata.com

Bromo Panorama

Jelajah Jawara

Jawara Wisata Pangandaran